Langkah Aman Menggunakan Bor Tangan Saat Bekerja

adsense 336x280


Para pekerja lapangan dibidang industri atau pabrik memang harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pada saat bekerja.

Menurut International Labour Organization (ILO), pada tahun 2012 terdapat 29 kasus kecelakaan kerja fatal dan menyebabkan kematian dari 100. 000 pekerja. ILO juga mencatat bahwa setiap tahunnya di Indonesia terdapat 70% terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat permanen sampai ke kematian. Bila dikalkulasikan dengan angka pasti, setiap tahunnya pekerja di Indonesia yang mengalami kecelakaan berkisar 99.000. Angka ini pastinya bukan jumlah yang sedikit mengingat setiap tahunnya terjadi kecelakaan bahkan kematian akibat lalai memenuhi syarat keselamatan dalam bekerja.


Kecelakaan terbanyak adalah akibat penggunaan alat-alat berat yang tidak memenuhi prosedur dengan baik sehingga menimbulkan cedera serius pada tubuh pekerja tersebut . Seperti contoh : pekerjaan memasang paku menggunakan alat bor elektrik yang tepat dan benar sehingga tangan Anda tidak terluka.

Mengenal Mesin Bor Lebih Jauh

Bicara soal bor dan keselamatan bekerja, kali ini akan dibahas tentang tips menggunakan bor tangan elektrik dengan benar sehingga Anda terhindar dari luka serius ketika sedang melakukan pekerjaan itu.

Sebelum tahu tips cara memakai mesin ini, terlebih dulu kita harus mengenal lebih jauh cara kerja alat bor dan bagaimana alat ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan perbaikan hunian ruangan kantor atau rumah Anda.

Mesin bor atau yang disebut juga dengan drill machine, merupakan alat yang digunakan dengan tangan seperti pistol. Bedanya, alat ini memakai mata bor yang terbuat dari baja pilihan agar bisa menembus berbagai material keras.

Mesin bor juga memiliki jenis yang beragam tergantung dari kebutuhan Anda. Salah satu mesin bor yang sering digunakan oleh para pekerja luar ruangan adalah hammer drill. Mesin bor jenis ini berguna untuk melubangi media yang memiliki material beton.

Untuk melubangi media dengan material yang terbuat dari aluminum, kayu atau besi, tersedia juga jenis bor yang berbeda. Mesin bro atau drill machine dioperasikan menggunakan motor yang terdapat didalam alat ini. Kemampuan masing-masing mesin pasti berbeda-beda. Seperti bila bor itu untuk melubangi material beton, maka mesin yang digunakan tentunya memiliki tenaga yang lebih kuat bila dibandingkan dengan mesin bor untuk melubangi kayu. 

Bor biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan berat yang rentan dengan kecelakaan kerja, sebaiknya saat anda melakukan pekerjaan ini anda selalu menggunakan alat safety, seperti sarung tangan atau sepatu safety untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja saat bekerja.

Anda juga harus memerhatikan hal lainnya seperti mata bor. Ukuran dan jenis mata bor beragam dan lumayan banyak. Beberapa jenis itu terbagi dalam kriteria seperti ini :

Hole saw – Merupakan mata bor yang digunakan untuk melubangi benda-benda yang terbuat dari material seperti kayu dan plat besi.

Flat drill bit – Mata bor ini juga berguna untuk melubangi material yang terbuat dari kayu, tetapi bedanya dengan hole saw, mata bor jenis ini untuk membuat lubang yang besar pada material kayu atau tripleks.


Counter sink drill bit – Agar sekrup bisa masuk dan muat di material kayu, mata bor jenis ini bisa Anda andalkan untuk pekerjaan itu.

Selain ketiga jenis mata bor itu, untuk pekerjaan melubangi beton dan besi memiliki jenis-jenis tersendiri juga dan bisa digunakan pada mesin bor Anda.

Setelah Anda mengenal jenis-jenis mata bor itu, maka Anda sudah tahu bahwa harus menggunakan mata bor yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan pengeboran Anda. Setelah mengetahui hal itu, Anda bisa ikuti tips berikut agar pekerjaan mengebor lebih aman dan tidak menimbulkan kerugian yang berupa kecelakaan disaat pengerjaan menggunakan mesin bor.

Memegang Mesin Bor Dengan Erat
Seperti senjata api, mesin bor juga memiliki pegangan dan tombol untuk menjalankan mesin. Cari bor yang dilengkapi dengan pegangan karet sehingga tidak licin saat melakukan pengeboran. Genggam gagang pegangan bawah mesin bor dengan erat menggunakan tangan kanan Anda. Tangan kiri memegang bagian mesin yang dekat dengan ujung mesin bor itu. Tujuannya agar mesin bor ini tidak melenceng ke berbagai arah saat digunakan. Konsentrasi penuh juga diperlukan agar Anda melubangi bagian yang tepat pada material.

Perlengkapan Pengaman Diri yang Lengkap
Sebaiknya Anda lengkapi perlengkapan pengamanan diri seperti kaca mata untuk mengebor. Kacamata ini untuk melindungi mata Anda dari serpihan-serpihan material akibat aktivitas melubangi menggunakan mesin ini. Bila Anda tidak yakin dengan karet pegangan mesin bor, Anda bisa menggunakan sarung tangan dan pastikan bila sarung tangan itu terbuat dari material yang tidak licin.
Posisikan Mesin Bor
Posisi mesin bor juga merupakan faktor yang harus Anda pikirkan. Posisi pengeboran harus tegak lurus 90°. Kenapa demikian? Agar daya tekan lebih sempurna. Bila pengeboran memakan waktu lama, berhenti sejenak untuk meregangkan tangan Anda agar otot tidak kejang.

Sesuaikan Kecepatan Putaran Mesin Bor
Seperti yang sudah kita ketahui, mesin bor dilengkapi dengan motor yang berguna sebagai penggerak mata bor untuk menembus berbagai jenis material. Agar pekerjaan mengebor Anda lebih efisien, kecepatan juga merupakan hal paling penting untuk diperhatikan. Sangat berbahaya bila Anda memakai kecepatan yang tidak sesuai dengan diameter mata bor. Tangan Anda akan mudah bergoyang dan mesin bor akan luput dari material yang ingin Anda lubangi.

Informasi untuk anda berkenaan dengan kendaraan, jika anda mengalami masalah dengan kecepatan kendaraan anda, mungkin mesin anda sudah tak layak untuk di gunakan atau bisa jadi dari penggunaan bahan bakar,. sebaiknya anda menggunakan  pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan serta sudah terbukti mengatasi lambatnya kendaraan karena tidak stabil dan perputaran mesin tidak baik.
adsense 336x280

1 Response to "Langkah Aman Menggunakan Bor Tangan Saat Bekerja"